cara membuat asinan mangga

asinan mangga

Salah satu jenis kudapan yang pas ditengah hari panas adalah Asinan Mangga. Hadirnya rasa manis dan asam membuat air liur tidak berhenti menetes. Resep Asinan mangga cukup mudah dibuat drumah. Berikut cara pembuatannya yang pusat informasi terbaru dapat berikan:

 

Siapkan mangga yang bagus seperti jangan terlalu manis maupun terlalu asam sebanyak 1KG. Sebaiknya mangga yang lebih muda supaya hasil asinannya enak. Semua mangga dikupas lalu dipotong memanjang dan tipis. Cuci mangga yang telah diiris sampai bersih dan kemudian rendam dengan air kapur sirih. Kapur sirih yang digunakan cukup 1/2 sendok teh dan cairkan dahulu. Rendam mangga tersebut selama 1 jam.

 

Setelah dirasa cukup 1 jam maka cuci mangga tersebut sampai bersih untuk menghilangkan bekas larutan kapur sirih. Kapur sirih disini berfungsi sebagai pengeyal daging mangga walau disimpan dalam larutan gula. Setelah bersih mangga tadi masukan kedalam toples yang terbuat dari kaca. Toples kaca dipilih karena akan kedap dari udara hal ini lebih baik jika memilih toples dari plastik.

 

langkah selanjutnya adalah membuat air manis sebagai larutannya. Larutan ini berfungsi untuk mengawetkan asinan mangga. Jika anda membuat asinan dengan 1KG mangga maka cukup 1/4 gula dan 1SDM garam untuk membuat larutannya. Air campuran tersebut anda didihkan sampai masak. Lalu diamkan sampai dingin. Setelah dingin masukan air larutan tersebut kedalam toples kaca tempat irisan mangga tadi. Lalu biarkan selama 1hari 1 malam.

 

setelah itu, air rendaman anda ganti dengan yang baru. hal ini ditujukan agar rasa asinan mangga tetap segar. Jika ingin menambahkan rasa pedas maka tambahkan beberapa cabe kedalam larutan mangga itu. Lalu asinan mangga siap untuk dimakan disiang hari yang panas.

cara membuat asinan mangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar