Cara menghapus virus shortcut di flashdisk tanpa software

Virus shortcut merupakan virus lama namun masalah yang ditimbulkannya kadang membuat frustasi pengguna yang menyimpan datanya di flashdisk. Virus ini banyak muncul di warnet - warnet yang tidak menyediakan aplikasi antivirus yang update. Virus shortcut merubah semua data yang terdapat pada flashdisk menjadi berbentuk shortcut. Namun kadang sebagian orang sudah menjadi panik apalagi jika itu data penting. Mereka menganggap data tersebut sudah hilang padahal data tersebut masih terdapat didalam flashdisk tersebut hanya saja terhidden karena pengaruh virus. Jika anda mengklik shortcut file data anda maka data tersebut akan terbuka namun imbasnya virus shortcut akan langsung menginfeksi komputer tempat anda mencolok flashdisk. Lalu bagaimana mengatasi virus shortcut di flashdisk tanpa antivirus?Caranya cukup mudah hanya mengandalkan cmd. Berikut tutorialnya :

 

1. Buka RUN
2. Ketik cmd kemudian tekan enter
3. Colokan flashdisk yang terinfeksi tapi jangan anda buka atau klik file yang ada didalamnya.
4. Setelah cmd muncul lalu masuk ke drive flashdisk tersebut misal disini contoh disini drive G (tergantung drive flashdisk anda dimana) lalu ketik G: dan tekan enter

 

Cara menghapus virus shortcut di flashdisk tanpa software

 

5. lalu ketik "attrib -s  -r  -h  /s  /d" (tanpa tanda petik). Fungsi ini untuk memunculkan folder/data yang terhidden virus.

6. tunggu beberapa lama maka data/folder yang terhidden akan muncul

7. Langkah terakhir adalah menghapus semua filetype “shortcut” dan flashdisk anda akan bersih dari virus shortcut.

 

Cara ini juga berlaku bukan hanya untuk flashdisk tapi sdcard atau memory card juga bisa dihilangkan. Terima Kasih telah membaca tutorial menghapus virus shortcut di flashdisk.

Cara menghapus virus shortcut di flashdisk tanpa software Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

1 komentar:

  1. gk hilang file yg ada di flashdisk ya
    nanti takutnya hilang bro pas mw bersihkan virusnya ?

    TQ

    BalasHapus