Makanan yang dianjurkan dan dilarang saat Sahur beserta penjelasan

Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kondisi tubuh selama berpuasa. Makanan yang tepat akan menyebabkan tubuh menjadi fit seharian meski berpuasa sedangkan makanan yang salah bisa membuat tubuh menjadi lemas bahkan energi menjadi terkuras. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda santap untuk sahur dan ada juga yang sebaiknya dihindari, apa saja makanan tersebut. Simak pnejelasan pusat informasi terbaru dibawah ini :

Makanan yang dianjurkan untuk Menu Sahur :

Makanan Kaya Protein

Memakan makanan yang mengandung banyak protein akan menjadikan puasa lebih tahan. Hal ini disebabkan protein akan memeberikan tenaga yang lebih bagi tubuh sehingga tidak mudah menjadi lesu. Contoh makanan yang kaya protein seperti ayam tanpa lemak,ikan,daging sert telur. Sebaiknya hindari menyajikannya dalam bentuk hasil gorengan karena akan menimbulkan banyak lemak yang akan menyebabkan rasa kantuk.

Air Lemon

Menurut buku Erikar Lebang dalam bukunya "Food Combiing di Bulan Ramadhan", air lemon yang ditambahkan pada air hangat akan sangat baik bagi tubuh. Air lemon memiliki fungsi membersihkan liver serta meningkatkan kadar 02 dan Kalsium. Sehingga membuat tubuh akan terasa lebih bertenaga.

Air Putih

Banyak meminum air putih akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi selama puasa. Selain itu, air putih juga menyebabkan tubuh menjadi segar sepanjang hari. Hindari minum seperti teh manis dan kopi karena keduanya bersifat diuretik karena menyebabkan buang air kecil terus.

Konsumsi Buah

Buah memiliki peran penting selama puasa karena buah akan mengubah cadangan energi yang ada menjadi energi. Kandungan Vitamin serta mineral dalam buah akan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh menjadi semangat dan tidak lesu.

Selain jenis makanan diatas yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur maka ada beberapa jenis makanan juga yang sebaiknya dihindari saat sahur,berikut datanya :

Makanan yang harus dihindari saat Sahur

Mengandung Banyak Gula

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi. Namun memakan makanan yang banyak mengandung gula bukan membuat tubuh kita banyak memiliki energi bahkan sebaliknya. Anda pasti bertanya kenapa bisa demikian, hal ini disebabkan energi yang dihasilkan gula bersifat instan dan cepat namun energi tersebut juga cepat hilang. Saat anda mengkonsumsi makanan jenis ini, anda akan memiliki energi yang besar namun efeknya akan muncul dalam waktu yang cepat sehingga energi yang anda miliki terkuras sebelum waktu berbuka. Hindari makanan ataupun minuman mengandung gula berlebih seperti minuman berenergi, sereal banyak gula, permen dan lainnya.

Rendah Zat Besi

Saat berpuasa, anda sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sehingga badan tidak lesu dan cepat lelah. Makanan yang sedikit mengandung zat besi akan memperlambat proses penyerapan energi dari makanan dan menggunakannya.

Kopi

Jika anda penyuka kopi maka sebaiknya berusaha agar tidak meminumnya saat sahur. Kopi merupakan minuman penambah energi karena memiliki kemampuan merangsang tubuh memproduksi andrenalin. Namun setelah andrenalin terpompa secara instan, tubuh akan mengalami kelelahan dan energi yang ada banyak hilang. Saat menjalankan ibadah bulan puasa, tubuh membutuhkan makanan yang dapat memberikan energi yang banyak dan tahan lama. Kopi tidak memenuhi syarat tersebut sehingga kopi tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur.

Gorengan

Gorengan memiliki kandungan lemak yang tinggi dan sulit untuk dicerna tubuh sehingga tubuh memerlukan banyak energi untuk mencernanya. Sehingga bukan menjadi penambah energi makanan yang digoreng justru mempecepat proses hilangnya energi. Selain itu, makanan yang memiliki lemak dan digoreng akan menyebabkan seseorang menjadi cepat ngantuk.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari saat Sahur. Semoga informasi ini dapat membantu anda menentukan jenis makanan sahur anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Makanan yang dianjurkan dan dilarang saat Sahur beserta penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Posting Komentar