Masakan Tradisional Khas Jawa tengah

Selamat malam para pembaca blog,kali ini admin akan membahas mengenai kuliner khas indonesia. Jawa merupakan salah satu pulau yang ada dinegara indonesia. Beragam suku serta budaya berada di pulau ini. Hal ini tentu saja jawa memiliki berbagai jenis masakan khas tradisional. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya wisatawan baik domestik maupun mancanegera tertarik dengan masakan khas ini. Salah satu provinsi yang terdapat ditengah pulau jawa adalah jawa tengah. Malam hari ini kita akan membahas apa saja masakan tradisional khas jawa tengah.

1. Lumpia Semarang
Lumpia Semarang menjadi salah satu masakan tradisional khas jawa tengah. Lumpia Semarang sangat cocok jika dimakan selagi masih panas. Lumpia Semarang jika ditambah saus kental manis maka dapat membuat lidah para wisatawan akan ketagihan. Lumpia semarang berisi rebung,ayam,telur serta udang yang menggugah selera makan.

Lumpia Semarang khas jawa tengah

2. Soto Kudus
Salah satu jenis soto yang khas dan sangat terkenal nikmat adalah soto kudus. Ada dua jenis soto kudus yakni soto ayam dan soto kerbau. Secara kasat mata anda tidak akan bisa membedakan antara soto ini dengan soto biasa namun ketika anda memakannya maka akan ada rasa khas tersendiri.

Soto khas kudus

3. Nasi Gandul Pati
Nasi khas dari daerah Pati ini memiliki rasa yang khas. Dengan kuah serta daging sapi yang telah diolah menjadikan nasi ini wajib anda coba ketika berada didaerah pati,jawa tengah.

Nasi Gandul Pati

4. Nasi Liwet Solo
Salah satu makananan khas jawa tengah tepatnya daerah solo yakni nasi liwet solo. Nasi ini dibuat dengan menggunakan kelapa dan penyajiannya menggunakan sayur labu siam. Tidak lupa potongan ayam yang telah dipotong kecil - kecil menjadi pelangkap nasi liwet solo ini. Jika anda ke solo maka nasi liwet ini dijamin dapat membuat perut anda tidak ingin berhenti memakannya.

Nasi Liwet Solo

5. Mendoan Purwokerto
Makanan khas dari Jawa tengah terakhir yang dapat admin sampaikan adalah mendoan khas dari daerah purwokerto. Mendoan yang berarti memasak secara cepat dengan minyak panas. Jadi bisa dikatakan belum matang sepenuhnya. Namun mendoan  aman untuk dikonsumsi karena bahan dasar yang digunakan adalah tempe dengan gizi tinggi.

Mendoan Purwokerto

*semua gambar yang berada pada postingan ini, admin dapatkan melalui google image. Jika anda merasa gambar ini milik anda silahkan hubungi kami di contact us sehingga kami bisa menghapus atau menggantinya dengan yang lain.

Demikianlah informasi mengenai masakan tradisional khas jawa tengah yang dapat admin sampaikan. Jika ada kesalahan admin mohon maaf karena admin hanya mendapatkan info ini dari internet. Silahkan bagi pengunjung yang warga asli jawa tengah untuk berbagi infomasi mengenai masakan khas lainnya. Karena berbagi informasi itu indah.

Masakan Tradisional Khas Jawa tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar