contoh paragraf induktif dan deduktif

Hallo selamat malam pembaca blog pusat informasi terbaru. Kali ini admin masih akan membahas mengenai pelajaran khususnya bahasa indonesia. Kenapa bahasa indonesia?karena ternyata belajar bahasa indonesia mengasyikan. Materi yang akan dibahas disini adalah paragraf induktif dan deduktif. apa itu paragraf induktif dan deduktif?bagaimana contohnya. Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

 

Pengertian paragraf induktif

paragraf induktif adalah paragraf yang dimana gagasan utamanya terletak pada akhir paragraf. Dimana semua kalimat sebelumnya adalah kalimat penjelasan dari gagasan utama. Jika dalam diagram bentuknya seperti dibawah ini.

 

Pengertian paragraf induktif

Contoh paragraf induktif

“Sederet  properti  terpajang  di  panggung.  Sepasang  kursi demang, tenda, dan gapura dengan tongkat-tongkat ramping, juga lampu-lampu yang tak menyorot secara datar seperti dalam per- tunjukan ketoprak. Dekorasi panggung itu lebih lumrah untuk pentas modern daripada ketoprak.”

“Mereka punya pesona. Ibarat magnet, mereka bisa menyita simpati massa. Orang terkagum-kagum. Pesona mereka masing-masing men- jadi identifikasi fantasi publik. Mereka adalah idola.”

Pengertian paragraf deduktif

paragraf deduktif dapat dikatakan kebalikan dari paragraf induktif. Dimana letak gagasan utamanya berada di awal paragraf sedangkan kalimat selanjutnya merupakan penjelasan gagasan utama, Jika dalam diagram seperti ini.

 

Pengertian paragraf deduktif

Contoh paragraf deduktif

“Lakon ketoprak ini diambil dari buku Max Havelaar karya Multatuli (1859) yang mengambil latar belakang masyarakat Lebak,Banten Selatan. Saijah dan Adinda tokohnya. Mereka ingin hidup aman dan tenteram. Tapi harapan itu tak pernah kesampaian. Tindakan  sewenang-wenang  penguasa  dan  anak  buahnya menghapus impian itu. Dua sejoli ini akhirnya mati oleh kese- rakahan dan kesewenang-wenangan.”

“Ada lagi, David Beckham, gelandang Real Madrid yang macho dan maskulin. Suami Victoria Adam, mantan vokalis Spice Girls itu, adalah pria metroseksual. Beckham dihafal banyak orang lantaran wajah gantengnya. Pesona maskulinnya menembus pikiran publik hawa meski mereka tak seluruhnya paham soal menyepak bola.”

Demikian informasi mengenai contoh paragraf induktif dan deduktif yang dapat admin sampaikan. Jika ingin belajar bahasa indonesia lainnya mungkin anda dapat membaca postingan 16 Macam Majas dan Contohnya. Semoga blog ini akan semakin menambah wawasan anda mengenai bahasa indonesia.

contoh paragraf induktif dan deduktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

1 komentar:

  1. Terima kasih penjelasannya..
    Do'a kan saya agar nilai UN nya baik ya..

    BalasHapus