Contoh paragraf persuasif beserta pengertian dan langkah

Pengertian paragraf persuasif

Paragraf persuasif adalah suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan ke- inginan penulisnya. Agar tujuannya dapat tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta.

 

Langkah langkah menulis paragraf persuasif

1. Tentukan Topik dan Tujuan
2. Membuat Kerangka Karangan
3. Menumpulkan bahan
4. Menarik Kesimpulan
5. Penutup

 

Contoh paragraf persuasif

1. Kita  semua  mengetahui  bahawa  kondisi  lingkungan  Kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Banyak sekali sungai yang kotor  akibat  pembuangan  limbah  yang  tidak  teratur  serta pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor yang semakin banyak. Ini semua dapat menyebabkan gangguan bagi makhluk hidup di Kota Jakarta, temasuk manusia. Pernapasan kita dapat terganggu dan keindahan Kota Jakarta tercemar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai penduduk Kota Jakarta berusaha untuk melestarikan lingkungan kota ini dengan berbagai macam usaha. Di antaranya adalah dengan penghijauan, pembuatan taman kota, dan pelarangan  membuang sampah di sembarang tempat. Ini semua dapat mengendalikan keindahan Kota Jakarta.

 

2. Dalam diri setiap bangsa Indonesia harus tertanam nilai cinta terhadap sesama manusia sebagai cerminan rasa kemanusiaan dan keadilan. Nilai-nilai tersebut di antaranya adalah mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan marta- batnya, mengembangkan sikap tenggang rasa dan nilai-nilai kema- nusiaan.  Sebagai  sesama  anggota  masyarakat,  kita  harus mengembangkan sikap tolong-menolong dan saling mencintai. De- ngan demikian, kehidupan bermasyarakat dipenuhi oleh suasana kemanusian dan saling mencintai.

Contoh paragraf persuasif beserta pengertian dan langkah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Posting Komentar