8 Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan mudah

Cara Mengatasi Gusi Bengkak - Rasa sakit yang luar biasa akan kita rasakan ketika gusi menjadi bengkak. Dan ketika itu lah akan terjadi penyesalan karena tidak merawat gigi dan gusi dengan baik. Rasa sakit yang disebabkan gusi yang bengkak ini tak jarang memaksa kita untuk datang meminta pertolongan para dokter. Akan tetapi , ternyata ada beberapa cara alami yang dapat kita lakukan dirumah untuk mengatasi gusi yang bengkak. Berikut berapa cara untuk mengatasi gusi bengkak :

image

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

  1. Berkumurlah dengan Air Garam Hangat. Caranya, cukup campurkan 1 sendok garam dengan segelas air hangat,lalu berkumurlah dengan air garam hangat tersebut selama 30 detik dan ulangi beberapa kali. Lakukanlah 2 kali dalam sehari.
  2. Oleskan Minyak Cengkeh. Caranya ,oleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bermasalah, sebaiknya gunakan 3 kali sehari setelah makan dan tetap gunakan sampai gusi anda sembuh.
  3. Berkumur dengan Lemon dan Air Hangat. Caranya, campurkan air dari hasil perasan ¼ lemon, lalu campurkan hasil perasan dengan setengah gelas air hangat. Kemudian berkumurlah, lakukan cara ini 2 kali sehari.
  4. Perbanyak Meminum Air Putih. Meminum air putih dapat membersihkan mulut serta gusi dari bakteri. Nah, ketiak gusi sedang bengkak maka untuk mengatasinya perbanyaklah minum air putih.
  5. Pijatan Gusi. Caranya, cukup menggosok gusi secara melingkar halus dan perlaharan denganmenggunakan jari telunjuk. Jika terlalu sakit, cukup memijat dengan menyentuh pipi bagian gusi bengkak saja. Pastikan jari anda dalam keadaan bersih, sehingga tak membawa bakteri lain yang mudah menginfeksi mulut anda.
  6. Mengkonsumsi Vitamin dan Makanan Berserat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan berserat dapat mencegah terjadinya gusi bengkak. Kerana salah satu penyebab gusi bengkak dikarenakan kekurangan vitamin C dan serat.
  7. Mengurangi stres. Menurut Academy of General Dentistry (AGD), ada hubungan antara stres dan kesehatan gigi Anda. Mereka yang sedang mengalami stres akan membuat sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan bakteri penyebab infeksi gusi.
  8. Oleskan Madu. Caranya, setelah menyikat gigi, oleskan dan gosokan sedikit madu pada daerah gusi yang bengkak. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik alami, sehingga dapat mengobati gusi yang terinfeksi.

Silahkan pilih cara mengatasi gusi bengkak yang Anda yakini dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan Selamat mencoba.

8 Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar