Cara memutihkan Gigi secara alami mudah dan cepat

Cara memutihkan Gigi - Gigi yang putih dan sehat adalah dambaan setiap orang, gigi sama seperti organ tumbuh kita yang lain apabila sudah menjadi gigi tetap lalu rusak maka gigi tersebut tidak dapat tumbuh kembali. Oleh karena itu, berapa pun usia kita, kita harus tetap rajin dan peduli untuk merawat gigi kita.

Cara memutihkan Gigi secara alami

Ada banyak hal yang menyebabkan gigi kita menjadi tidak lagi putih alias menguning atau bahkan rusak. Berikut beberapa hal yang menyebabkan gigi kita berwarna kuning atau bahkan rusak :

  • Malas menggosok gigi, fenomena ini tidak hanya di alami oleh anak-anak tapi bahkan orang dewasa, terkadang menganggap remeh atau malas menggosok gigi yang minimal sekali 2 kali sehari ini lah yang menjadi titik awal rusaknya gigi kita.
  • Cara menggosok gigi yang tidak benar. Padahal cara menggosok gigi yang benar bahkan dapat menghindarkan gigi kita dari terbentuknya karang gigi.
  • Ternyata terlalu sering meminum minum yang berwarna pekat semisal kopi dan teh herbal.
  • Merokok, rokok selain banyak negatif nya yang jelas bagi kesehatan tubuh juga ternyata membuat gigi menjadi kuning yang disebabkan kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok.

Nah, selain beberapa point diatas ternyata penyebaba gigi menjadi kuning bias juga dilihat dari 2 faktor yaitu :

  1. faktor ekstrinsik adalah : bakteri kromogenik, kerusakan protein di permukaan gigi, makanan yang mengandung zat pewarna, makanan berminyak, minuman seperti teh, kopi, dan soda, antibiotik yang dikonsumsi, serta suplemen dengan zat besi tinggi.
  2. faktor intrinsik adalah : mengalami sakit kelainan darah, sakit hepar (hati), kelainan perkembangan email gigi dan dentin, konsumsi tetra (antibiotik).

Kita sering bukan mendengar istilah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, ya benar sekali, sebaiknya lebih baik kita mencegah agar gigi kita tidak berubah menjadi kuning dengan merawatnya, berikut ini ada banyak pilihan tips yang bisa kita pilih agar gigi kita tetap putih, diantaranya :

  1. Menggosok gigi menggunakan Siwak

Sejak jaman dahulu siwak sudah dikenal dan gunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Gunakanlah siwak untuk menggosok gigi sehabis makan atau sesering mungkin.

  1. Memakai Arang Kayu

Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu. Ini merupakan cara tradisional yang ternyata dinilai ampun untuk memutihkan gigi. Akan tetapi, penggunaan arang kayu secara berlebih justru dapat merusak email gigi. Oleh karena itu, gunakanlah arang kayu ini secara wajar untuk memutihkan gigi.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk.

Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk. Pilihlah jeruk yang masih segar. Lalu gunakanlah bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi. Lakukan secara teratur setiap hari agar gigi menjadi putih kembali secara alami. Akan tetapi, berhati-hati lah jika gigi kita ternyata sensitive terhadap kadungan vitamin C, jika tidak cocok denga gigi kita sebaiknya cara ini dihindari.

  1. Mengkonsumsi Strawberi.

Strawberi memiliki kandungan yang ternyata berkhasiat memutihkan gigi. Cukup dengan mengkonsumsi strawberi seperti biasa Atau bisa juga dengan menghaluskan buah strawberi dan menggosok-gosokannya ke gig maka hasilnya gigi kita akan tampak sehat dan putih.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Alami.

Cara membuat pasta gigi alami,sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah dibuat untuk menggosok gigi, pasta gigi alami ini diyakini dapat membuat gigi terlihat lebih putih.

  1. Jus Lemon dan Garam

Jus lemon yang ditambah dengan sedikit garam lalu gunakan sebagai pasti gigi alami juga dapat dijadikan salah satu cara untuk memutihkan gigi. Caranya, oleskan pasta gigi pada gigi, tunggu beberapa saat sebelum menyikat gigi. Cara ini jangan terlalu sering dilakukan karena kandungan lemon berlebih dapat juga merusak lapisan gigi.

  1. Memutihkan gigi dengan menggunakan biji buah pinang.

Biji buah pinang diyakini sejak dulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya, bakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Kemudian gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Ini juga berkhasiat membuat gigi menjadi kuat.

  1. Mengonsumsi produk susu.

Produk susu yang mengandung kalsium yang tinggi, baik untuk dikonsumsi. Selain menyehatkan tubuh, ternyata kalsium yang terkandung dalam prosuk susu seperti keju, yogurt dan lain-lain itu juga bias membantu memutihkan dan menguatkan gigi.

  1. Menyikat gigi anda secara rutin.

Sikatlah gigi minimal 2 kali dalam sehari, menyikat gigi rata-rata hanya memerlukan waktu 3 menit saja dan tidak perlu dilakukan dengan keras-keras. Menyikat gigi adalah investasi penting untuk keberlangsungan gigi kita dimasa kini dan mendatang.

Oke, cukup sekian tips merawat dan memutihkan gigi yang bias kami paparkan. Kami harap kita semua menjadi sadar betapa pentingnya menjaga agar gigi kita tetap sehat dan putih. Selamat mencoba.

Cara memutihkan Gigi secara alami mudah dan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar