Cara mengatasi Minyak Pada Wajah

Kalau bicara tentang wajah tidak akan ada habisnya. Selalu saja merasa ada yang belum sempurna, sempurna versi manusia. Wajah itu udah pasti jadi bagian yang paling diperhatikan oleh siapa pun, pria maupun wanita. Ada banyak masalah yang hinggap pada wajah, salah satunya adalah minyak berlebih pada wajah. Minyak pada wajah katanya sih ada bagusnya, orang yang wajahnya berminyak biasanya lebih awet muda, tapi kalau minyaknya sudah berlebihan pasti bikin kita tidak nyaman.

Cara mengatasi Minyak Pada Wajah

Biar lebih jelas berikut ini ciri-ciri jenis kulit berminyak :

  • Lapisan kulit tanduk sering terkelupas.
  • Memiliki elastisitas kulit yang tinggi.
  • Permukaan kulit tampak kasar dan lebih berminyak dibagian dagu, dahi dan hidung.
  • Pada wajah terdapat komedo dan pori pori membesar.
  • Ketika sehabis dibersihkan, kulit wajah malah tampak mengkilap.

Kalau kita sudah tahu ciri-cirinya alangkah baiknya kita juga tahu penyebab utama munculnya minyak pada wajah. Ternyata ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebab munculnya minyak pada wajah, diantaranya:

1. Faktor makanan

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak bukan hanya memicu munculnya jewarat tapi juga menjadi penyebab muncul minyak pada wajah. Oleh karena itu kurangi porsi konsumsi lemak dan ganti dengan makanan yang lebih sehat.

2. Keturunan

Selain faktor dari luar tubuh, ternyata ada faktor dari dalam tubuh yang juga bisa menjadi penyebab munculnya minyak pada wajah. Apabila orang tua kita dahulu memiliki wajah yang berminyak maka akan ada kemungkinan kita akan memiliki kulit wajah yang juga berminyak.

3. Kesalahan menggunakan alat kosmetik

Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit kita, maka berhati-hatilah dalam memilih kosmetik yang akan kita gunakan pada wajah, jika diperlukan silahkan konsultasi pada dokter kecantikan agar kosmetik yang akan digunakan sesuai dengan kondisi kulit wajah kita.

4. Faktor Hormon

ketidakseimbangan hormon menjadi pemicu timbulnya minyak pada wajah hal ini biasanya dialami oleh para remaja. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir karena bisa jadi minyak berlebih pada wajah tersebut akan menghilang ketika sudah dewasa.

Setelah tau ciri-ciri kulit berminyak dan faktor penyebab utama munculnya minyak pada wajah, sekarang kami akan menyajikan cara mengatasi minyak pada wajah, disimak ya..

Berikut ini cara mengatasi minyak pada wajah :

Masker lumpur.

Siapkan lumpur kecantikan yang sudah terjamin kualitasnya. Campurkan lumpur kecantikan dengan sedikit kunyit untuk hasil yang lebih optimal. Oleskan masker secara merata dan diamkan beberapa saat. Jika sudah merasa cukup bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara teratur seminggu sekali.

Masker susu alami.

Celupkan kapas kecantikan pada susu plain, lalu oleskan merata pada wajah. Selain menghilangkan minyak dan menyerap kotoran pada wajah, susu juga akan memberikan efek halus dan bersih pada wajah.

Masker lemon.

Lemon ternyata sangat efektif untuk mehilangkan minyak pada wajah. Gunakan masker lemon pada malam hari 15-20 menit sebelum tidur, lalu basuh dengan air bersih.

Masker putih telur.

Putih telur selain efektif untuk menghilangkan minyak juga baik untuk mengangkat komedo pada wajah.Caranya, kocok putih telur, lalu oleskan merata pada wajah, diamkan beberapa saat setelah mengeras silahkan bilas dengan air hangat.

Jeruk Nipis.

Caranya, dengan menggosokkan daging jeruk nipis pada wajah secara merata, lalu tunggu selama 15 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukanlah setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Mentimun.

Selain sering digunakan untuk menyegarkan mata, mentimun juga sangat baik untuk perawatan kulit berminyak. Blender mentimun sampai menjadi seperti masker, lalu oleskan merata masker metimun, gunakan kurang lebih selama 30 menit. Lakukanlah hal yang sama 2 kali dalam seminggu.

Air Garam.

Cara ini terbilang sangat mudah, cukup campurkan garam kedalam air hangat lalu gunakan air garam tersebut untuk mencuci muka. Lakukanlah setiap hari agar minyak pada wajah lebih cepat teratasi.

Sekian dari kami tentang penjelasan seputar cara mengatasi minyak pada wajah. Selamat mencoba. Semoga berhasil mengatasi minyak pada wajah Anda.

Cara mengatasi Minyak Pada Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar