Cara meningkatkan nafsu makan secara alami

Cara menambah nafsu makan – Makan merupakan kebutuhan primer dari setiap manusia yang artinya manusia tidak akan bisa bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu jika tidak makan. Makan dapat membantu memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Salah satu masalah yang berhubungan dengan makan adalah kurangnya nafsu makan. Kehilangan nafsu makan dapat mengakibatkan hal yang negatif terhadap tubuh seperti tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Faktor yang mempengaruhi menurunnya nafsu makan yakni faktor psikologis dan faktor fisik. Faktor psikologis menurunnya nafsu makan seperti sedang depresi,stress,sedih atau galau. Faktor fisik seperti adanya gangguan kesehatan pada bagian pencernaan atau bisa juga sedang sakit.

Cara meningkatkan nafsu makan secara alami

Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan seperti membeli obat penambah nafsu makan baik itu dalam bentuk pil atau sirup. Namun hal tersebut tidak bisa menjamin karena banyaknya kandungan kimia yang terdapat dalam obat tersebut. Sebagai alternatifnya adalah menggunakan bahan yang alami. Pada postingan kali ini admin pusat informasi terbaru akan memberikan cara meningkatkan nafsu makan secara alami. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini :

Konsumsi Pisang Ambon

Konsumsi Pisang AmbonPisang ambon terbukti cukup efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Anda cukup mengkonsumsi pisang ambon yang telah disisir setiap hari. Sekitar satu bulan akan terlihat hasilnya. Pisang ambon tersebut bisa juga anda ditambah 2 sendok madu saat memakannya dengan cara sisir pisang ambon lalu masukkan kedalam mangkok dan tambahkan 2sdt madu. Aduk keduanya sampai bercampur lalu dimakan. Lakukan secara rutin setiap harinya. Sebagai hasil maksimal dapat juga diimbangi dengan meminum susu full cream setiap akan tidur.

Konsumsi Buah Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Selain itu jeruk juga dapat meningkatka nafsu makan anda secara berkala. Jika anda merasakan kurangnya nafsu makan maka tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi jeruk secara teratur.

Konsumsi Pepaya

Konsumsi PepayaSejak dari dahulu tanaman pepaya seperti buah dan daunnya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Jika anda menyukai lalapan makan makan daun pepaya dapat membantu anda menambah nafsu makan. Atau bisa juga daun tersebut anda campurkan dengan sayuran yang lain lalu di makan. Cara terakhir untuk memanfaatkan daun pepaya adalah dengan menumbuknya kemudian diberi sedikit air dan diperas. Minum air perasan daun pepaya tersebut secara teratu. Selain menambah nafsu makan, daun pepaya juga bermanfaat menyegarkan tubuh dan membunuh cacing. Kita ketahui cacing yang ada dalam tubuh inilah yang menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Namun bagi anda yang tidak suka dengan daun pepaya karena rasa pahit maka gunakan buah pepayanya untuk meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi buah pepaya secara teratur akan mampu manambah nafsu makan.

Banyaklah Tertawa

Pepatah yang mengatakan tertawa dapat memperpanjang umur dan awet muda mungkin benar karena manfaat lain dari tertawa adalah menambah nafsu makan. Mengapa hal ini bisa terjadi?Pada awal postingan telah dijelaskan bahwa salah satu faktor yang menghambat nafsu makan adalah psikologis seperti sedih. Jadi dengan banyak tertawa maka tubuh akan terasa rileks sehingga nafsu makan akan meningkat.

Olahraga

Kegiatan yang satu ini tidak usah ditanyakan lagi manfaatnya karena banyak sekali. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menambah nafsu makan. Saat anda berolahraga banyak mengeluarkan tenaga serta membakar kalori. Kalori pada manusia didapatkan dari mengkonsumsi makanan maka dari itu secara alamia tubuh akan merespon ketika jumlah kalori dalam tubuh berkurang. Respon tersebut akan membuat perut akan terasa lapar dan nafsu makan meningkat. Namun perlu diperhatikan juga dalam berolahraga karena olahraga yang berlebih juga tidak baik untuk tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat. Namun cukup dengan berlari keci atau joging secara teratur sudah bisa membantu menambah nafsu makan anda.

Semoga beberapa tips meningkatkan nafsu makan diatas dapat membantu anda sekalian. Jika dirasa ada yang kurang kami mohon maaf dan kami mengucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Dapatkan terus informasi mengenai kesehatan.

Cara meningkatkan nafsu makan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar