Cara Mengatasi Mimisan dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Mimisan - Mimisan merupakan kondisi dimana hidung mengeluarkan darah dalam jumlah sedikit atau banyak. Sebelum membahas cara mengatasi mimisan, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa penyebab dari mimisan. Biasanya mimisan terjadi ketika hidung terkena pukulan atau benturan. Penyebab mimisan tidak hanya itu, banyak faktor yang dapat menyebabkan mimisan. Faktor utama penyebab mimisan yaitu trauma hidung. Jika Anda pernah mengalami benturan pada hidung kemudian mimisan, Anda akan lebih mudah untuk terkena mimisan ketika terjadi benturan yang sedikit saja pada hidung.

image

Tidak hanya trauma hidung saja yang dapat mengakibatkan mimisan, udara yang terlalu panas atau yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Setelah mengetahui penyebab mimisan, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi mimisan. Untuk mengatasi mimisan dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

1. Posisikan tubuh dengan benar

Banyak orang yang salah kaprah dalam mengatasi mimisan. Banyak dari mereka yang malah memposisikan kepala menjadi tengadah ketika keluar darah, padahal ini merupakan posisi yang salah. Posisi yang benar yaitu condongkan kepala kedepan. Jika Anda menengadahkan kepala kebelakang, resiko darah masuk ke tenggorokan dan lambung sangat besar. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada lambung dan tenggorokan.

2. Gunakan daun sirih

Cara mengatasi mimisan yang paling mudah yaitu menggunakan daun sirih. Cuci bersih daun sirih kemudian gulung kemudian sumpalkan gulungan daun sirih pada hidung sampai darah berhenti sekitar 15 sampai 20 menit.

3. Gunakan es batu

Selain menggunakan daun sirih, untuk mengatasi mimisan juga dapat menggunakan es batu. Cara mengatasi mimisan dengan es batu yaitu bungkus es batu dengan kain, kemudian tempelkan pada daerah kening, tepatnya di atas hidung. Secara berangsur-angsur darah dalam hidung akan membeku dan mimisan akan berhenti.

Mimisan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati lagi ketika sedang beraktivitas. Cara mengatasi mimisan di atas merupakan cara mengatasi ketika terjadi mimisan. Jika Anda sering mengalami mimisan tanpa sebab yang jelas, sebaiknya segera periksakan di dokter THT, karena bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres terjadi di hidung Anda.

Cara Mengatasi Mimisan dengan Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar