Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Cara mengatasi telinga berdengung - Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Bayangkan betapa susahnya jika telinga menjadi tidak bisa mendengar lagi atau mengalami gangguan. Dengan telinga inilah Anda dapat mendengarkan berbagai suara. Masalah pendengaran dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak informasi yang bisa Anda dengar. Karena itulah, menjaga kesehatan telinga adalah hal yang wajib dilakukan. Salah satu masalah pada telinga yang sering muncul yaitu telinga berdengung. Cara mengatasi telinga berdengung sebenarnya sangat mudah dan praktis.

  Cara mengatasi telinga berdengung

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi telinga yang berdengung, Anda juga perlu mengetahui penyebab terjadinya telinga berdengung. Salah satu penyebab telinga berdengung yaitu karena pilek. Ketika Anda sakit pilek, terkadang telinga terasa berdengung. Namun setelah pilek reda, telinga akan kembali normal. Nah, jika telinga berdengung terus menerus, bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatasi telinga berdengung yang terjadi terus menerus:

1. Bersihkan telinga

Cara mengatasi telinga berdengung yang pertama adalah bersihkan telinga secara rutin. Telinga yang berdengung bisa jadi disebabkan karena menumpuknya kotoran yang ada pada telinga. Membersihkan telinga juga harus dilakukan dengan hati-hati. Gunakan alat yang berujung lembut dan juga bersih. Hindari kebiasaan membersihkan telinga dengan menggunakan benda tajam. Tidak hanya bagian dalamnya saja yang dibersihkan, tapi bagian luar telinganya juga harus dibersihkan. Untuk membersihkan telinga, minimal dilakukan satu kali dalam sehari.

2. Hindari mendengar suara yang terlalu keras

Penyebab berdengungnya telinga, selain telinga yang kotor yaitu polusi suara. Jika Anda bekerja di daerah yang bising, sebaiknya gunakan penutup telinga atau earplat. Alat ini akan membantu meredam suara yang bising dari luar. Jika telinga Anda mulai berdengung, usahakan untuk tidak terlalu sering mendengar suara yang bising dan hindari penggunaan headset untuk mendengarkan musik.

3. Jaga pola makan

Telinga yang berdengung juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol, kafein, dan juga nikotin yang berlebihan. Hentikanlah konsumsi makanan yang banyak mengandung alkohol dan kafein serta nikotin jika telinga Anda mulai berdengung. Gantilah dengan makanan yang menyehatkan dan bergizi.

Jika Anda sudah melakukan cara mengatasi telinga berdengung di atas, namun telinga Anda tetap saja berdengung, Anda perlu memeriksakannya ke dokter THT. Mungkin saja telinga berdengung yang Anda derita merupakan gejala infeksi pada saluran telinga. Jika tidak segera diperiksakan ke dokter, ditakutkan infeksi yang terjadi akan semakin parah dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Poskan Komentar