Ketahui Penyebab Hidung Mimisan Serta Cara Mengatasinya Dengan Benar

Cara Mengatasi Mimisan - Mimisan adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Walaupun tidak semua mimisan berbahaya, tetapi Anda harus tahu penyebab hidung mimisan agar dapat mengatasinya dengan baik. Jika dibiarkan saja, maka akan beresiko adanya penyakit berbahaya dalam tubuh. Penyebab atau faktor utama terjadi mimisan yaitu trauma, tetapi selain itu masih ada banyak lagi penyebab lain yang dapat mengakibatkan hidung menjadi mimisan. Berikut adalah penyebab mimisan di hidung yang sering terjadi.

cara mengatasi mimisan

1. Trauma

Trauma yang dimaksud disini yaitu akibat melakukan sesuatu yang mengakibatkan hidung terluka dan mengeluarkan darah. Contohnya saja seperti terbentur, terkena pukulan, mengorek hidung terlalu keras, jatuh, bersin, kecelakaan lalu lintas dan mengeluarkan ingus berlebihan.

2. Kelainan lokal

Penyebab hidung mimisan lainnya yaitu adanya kelainan lokal. Maksudnya yaitu pembuluh darah tipis, lebih lebar dan selnya sedikit. Atau juga dapat terjadi akibat pengaruh lingkungan dan juga adanya infeksi yang berbahaya seperti sifilis, lupus dan juga rinitis jamur.

3. Penyakit kronis

Tumor dan juga darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab keluar darah dari hidung. Bahkan penyakit tersebut juga dapat mengakibatkan adanya mimisan berat.

4. Gangguan hormon

Untuk mimisan akibat gangguan hormon, biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil ataupun menopause.

5. Perubahan udara

Kondisi udara yang terlalu dingin atau terlalu panas kering akan menyebabkan terjadinya mimisan. Ini juga merupakan penyebab hidung mimisan yang cukup sering terjadi. Ini karena mukosa pada hidung terganggu akibat cuaca atau kondisi udara.

Untuk mengatasi mimisan, cara yang paling benar yaitu dengan mengetahui sumber darah. Buat kepala sedikit menengadah, ini akan membuat darah sedikit terhambat. Kemudian daun sirih juga dipercaya dapat menghentikan mimisan, manfaat daun sirih untuk menyumbat hidung yang berdarah. Posisikan tubuh untuk selalu duduk, jika tidak kuat maka dapat berbaring dengan setengah duduk. Jika darah masih terus keluar maka segera bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Sekian yang dapat disampaikan mengenai penyebab hidung mimisan serta cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Ketahui Penyebab Hidung Mimisan Serta Cara Mengatasinya Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar