Tips Cara Mengatasi Mata Lelah didepan Monitor

Tips Mata Lelah depan Monitor - Bagi seorang blogger, komputer merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Hampir seluruh harinya dihabiskan didepan komputer. Rasa lelah, kering bahkan pusing sudah pasti menjadi makanan sehari - hari. Namun hal ini bukan hanya menyerang blogger tetapi karyawan atau orang yang banyak menggunakan komputer dan gadget juga mengalami ini. Masalah tersebut sudah pasti akan menggangu anda saat bekerja dan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan gangguan pada penglihatan. Sehingga anda harus menjaga mata anda, jika mata anda lelah saat bekerja didepan monitor maka beberapa tips dibawah ini akan membantu anda.

Tips Cara Mengatasi Mata Lelah didepan Monitor

1. Istirahat Sebentar

Jika anda bekerja didepan monitor atau menatap monitor terlalu lama maka mengistirahatkan mata untuk sejenak menjadi keharusan bagi anda. Cobalah untuk tidak menatap monitor selama 15 menit dan alihkan pandangan anda terhadap benda yang jauh. Hal ini akan membuat otot mata anda akan menjadi rileks.

2. Pijat Mata

Saat anda merasa bahwa mata anda benar - benar kering atau lelah maka lakukan pijatan mata sehingga membuat mata anda menjadi rileks. Caranya cukup mudah yakni tutup kedua mata anda lalu letakkan kedua telapak tangan didepannya. Imbangi dengan melakukan tarikan nafas yang panjang sehingga pikiran anda menjadi lebih tenang.

3. Banyak Berkedip

Saat anda bekerja dengan monitor tentu membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Hal ini akan menggunakan kemampuan maksimum mata. Terlebih lagi anda akan sering melotot dan kedipan mata mulai berkurang. Jika demikan maka mata anda akan menjadi cepat kering. Sebaiknya anda sesering mungkin untuk berkedip. Lakukan kedipan mata setiap 10 sampai 15 detik sekali.

4. Memakai Kacamata Khusus

Bagi seseorang yang banyak menatap monitor dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya anda menggunakan kacamata khusus. Kacamata ini berbeda dengan kacamata baca karena didesain khusus untuk pengguna komputer. Kacamata ini membantu agar penglihatan tidak terlalu terbebani dan kerusakan mata bisa dicegah.

5. Posisi Monitor dan Tingkat Kecerahan Monitor

Kedua hal diatas juga dapat menjadi faktor penyebab mata cepat lelah. Aturlah jarak mata anda dengan monitor kira - kira 50 - 70 cm. Ubah tingkat kecerahan layar monitor anda agar tidak terlalu terang atau terlalu redup.

6. Mengkonsumsi Vitamin serta Mineral

Selain masalah teknis diatas, pola asupan anda juga harus diperhatikan. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A,C dan E serta B kompleks sehingga kesehatan mata dari dalam tetap terjaga.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencobanya.

Tips Cara Mengatasi Mata Lelah didepan Monitor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar