Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan. Salah satu bulan suci umat islam diseluruh dunia yakni Bulan Ramadhan telah memasuki hari ketiga. Berpuasa dibulan ramadhan merupakan salah satu rukun islam sehingga wajib dijalankan oleh setipa umat muslim diseluruh dunia. Hal ini juga tertuang dalam firman Allah SWT dalam Al Qur'an surat Al-Baqarah:183,

Meskipun ramadhan telah berjalan beberapa hari namun tidak ada salahnya admin pusat informasi terbaru memberikan informasi mengenai bacaan niat Sahur dan Buka Puasa. Siapa tahu diantara pembaca sekalian masih belum ada yang mengetahui:

Niat Sahur dan Artinya

Sahur merupakan aktivitas makan dini hari yang dilakukan oleh umat muslim agar tahan saat berpuasa disiang harinya. Sahru dilakukan sebelum terbitnya fajar atau sebelum masuk waktu sholat subuh. Membaca niat sahur ramadhan dapat dilakukan ketika selesai melakukan sholat tarawih dan witir atau bisa juga saat ingin menyantap hidangan sahur. Berikut bacaan doa Niat Sahur :

image

Doa Berbuka Puasa

Setelah seharian berpuasa menahan lapar,haus serta hawa nafsu tibalah umat muslim berbuka puasa. Waktu berbuka puasa yakni saat tenggelamnya matahari atau saat adzan maghrib berkumandang. Saat berbuka puasa, tidak usah mengucapkan doa apa pun dan kita cukup mengucapkan basmalah maka tunailah puasa seharian kita. Barulah setelah menyantap makanan dan minuman, kita mengucapkan doa yang digunakan Rasullah yakni

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Artinya : “Rasa haus telah pergi dan urat-urat telah terbasahi serta mendapat pahala insya Allah.”(Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] & selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

Doa berbuka puasa yang banyak digunakan oleh mayarakat indonesia adalah doa seperti ini ”Allahuma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizqhika afthartu birahmatika yaa’arhamarahimin”. Namun hadist yang mengatakan doa ini yang dipakai oleh Rasullah termasuk hadist dhaif ( baca :http://salafy.web.id/bacaan-doa-berbuka-puasa-yang-sesuai-tuntunan-rasulullah-593.htm ) Sehingga sebaiknya gunakan doa sebelumnya.

Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar