cara meng qodho sholat dengan benar

Shalat merupakan tiang agama dan hukumnya wajib bagi muslim yang telah baligh untuk melakukan ibadah shalat lima waktu. Terkadang tanpa sengaja kita meninggalkan shalat lima waktu seperti tertidur atau lupa. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya kita mengqodho shalat tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sabda rasulullah SAW "Barang siapa yang lupa mengerjakan sholat, maka hendaklah ia melaksanakannya jika telah mengingatnya, tidak ada tebusan baginya kecuali itu." (HR Bukhori, no.597 dan HR Muslim, no.684 ).

Lalu bagaimana cara mengqodho sholat dengan benar?
1. Segerakan untuk melakukannya. Jadi jika kita tidak sholat subuh karena ketiduran, maka wajib bagi kita melaksanakan shalat qodho sewaktu bangun tidur.
2. Berwudhu atau mandi wajib jika anda berhajat besar
3. Mengucapkan Niat shalat qodho. Seperti contoh jika and mengqodho shalat subuh maka niatnya

اُصَلِّيْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ قَضَا ءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati qadhaa-an lillaahi ta'aala.(Aku niat melakukan shalat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, karena qadha, karena Allah ta'ala.)

4. Mengerjakan shalat qodho sama seperti mengerjakan shalat wajib pada umumnya. Jika anda mengqodho sholat subuh maka lakukan shalat sesuai rakaat shalat subuh. hanya niat saja yang berbeda.

Namun lebih baik jika anda mengerjakan shalat tepat pada waktunya karena hal itu yang paling utama. Semoga informasi mengenai cara mengqodho shalat dengan baik ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih

cara meng qodho sholat dengan benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

1 komentar:

  1. Postingan yang menarik gan, smoga pahala menghampirimu dengan mudah amin :) visit juga ya www.ipb.ac.id

    BalasHapus