6 contoh makanan berserat tinggi yang sebagian orang belum tahu

Contoh makanan berserat tinggi - Serat yang berasal dari makanan sanggat baik bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Namun bukan hanya itu ternyata serat juga bisa membantu anda menurunkan berat badan dan membantu tubuh tetap ideal. Berapa kebutuhan serat harian yang banyak dianjurkan oleh dokter?anda tentu tidak mengetahuinya maka dari itu berdasarkan penelitian kebanyakan orang kurang mencukupi kebutuhan serat harian. Setiap hari tubuh memerlukan sekitar 25-40 gram per hari. Anda sudah tahu jika sayur dan buah merupakan sumber serat yang utama untuk dikonsumsi setiap hari. Namun masalahnya kebanyakan orang tidak menyukai makan sayur sedangkan kebutuhan serat harus tetap dipenuhi. Jika anda ingin mendapatkan serat namun tidak menyukai sayur maka anda bisa mencoba 6 contoh makanan berserat tinggi dibawah ini. Bagi anda yang sedang diet maka daftar makanan ini sebaiknya dimasukkan kedalam menu diet anda :

contoh makanan berserat tinggi

1. Alpukat

Jenis makanan pertama yang berserat tinggi adalah alpukat. Buah yang memiliki rasa creamy ini dikenal memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Meski memiliki tesktur yang lembek dan lembut ternyata buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Setiap potong alpukat akan memberikan sekitar 6 gram serat bagi tubuh.

2. Labu Kuning Kalengan

Makanan berserat tinggi selanjutnya adalah Labu Kuning Kalengan. Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan utama dan disajikan beserta protein dan sayuran. Kandungan serat yang terdapat dalam labu kuning sebesar 7 gram setiap cangkirnya.

3. Pasta

Setiap porsi pasta akan memberikan sekitar 6gram serat bagi tubuh. Makanan yang dibuat dari gandum utuh ini akan semakin bermanfaat apabila anda memakannya disertai dengan brokoli dan kacang pinus yang juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

4. Kentang Panggang

Apakah anda pernah mendengar kentang dipanggang?Makanan ini ternyata mempunyai kandungan serat yang tinggi. Setiap butir kentang panggang akan menghasilkan sekitar 4 gram.

5. Selai Kacang Almond

Jika anda sering mengkonsumsi roti dari gandum utuh dipagi hari maka olesan selai kacang almond akan menambah serat tubuh anda. Selai kacang Almond yang dibuat tanpa adanya tambahan gula serta mentega memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibanding selai kacang tanah. Setiap 2sendok teh selai kacang almond memiliki kandungan serat sebanyak 4gram.

6. Hummus

Namanya terdengar sedikit asing bagi kita orang indonesia karena makanan ini berasal dari timur tengah. Makanan ini terbuat dari kacang garbanzo, jus lemon, bawang putih, minyak zaitun dan garam. Rasa yang creamy tidak lantas membuat perut anda akan terasa kenyang karena makanan ini tidak menggunakan susu yang memiliki kadar lemak tinggi. Hummus memiliki kandungan serat yang tinggi yakni 3,7 gram setiap 1/4 cangkirnya.

6 contoh makanan berserat tinggi yang sebagian orang belum tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar