Cara mudah mengatasi tidur mendengkur tanpa efek samping

Cara mengatasi tidur mendengkur – Salah satu masalah dalam tidur adalah mendengkur atau ngorok. Mendengkur bukan hanya bisa menyebabkan terganggunya tidur orang lain namun bisa juga menjadi indikasi bahwa anda memiliki masalah yang kesehatan. Berdasarkan penelitian, sekitar 45% orang dewasa akan mendengkur saat tidur. Mendengkur disebabkan jalannya nafas ( nasofaring ) menyempit sehingga menimbulkan bunyi atau suara. Hal ini memicu begetarnya bagian yang lunak dari saluran pernapasan. Jika mendengkur tidak segera diberi tindakan takutnya akan menggangu sistem pernapasan saat tidur dan bisa menyebabkan penyakit jantung. Belum lagi jika berada ditengah acara yang mengharuskan tidur secara beramai maka tentu saja akan sangat menggangu orang lain dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun anda tidak perlu khawatir karena pada postingan kali ini admin Pusat Informasi Terbaru akan memberikan tips mengatasi tidur mendengkur. tips ini didapatkan dari sumber detik healthy maka langsung saja simak dibawah ini :

Cara mudah mengatasi tidur mendengkur

1. Kurangi Merokok
Jika anda merupakan perokok berat maka segeralah kurangi kegiatan merokok anda. Selain tidak baik untuk kesehatan anda ternyata merokok juga menjadi pemicu munculnya tidur ngorok. Kegiatan merokok anda akan membuat iritasi selaput lendir yang berada pada saluran pernapasan bagian atas sehingga menyebabkan pembengkakan dan produksi lendir akan berlebihan. Sehingga akan mempengaruhi pernapasan saat tidur.

2. Ubah Posisi Tidur
Sebaiknya anda menghindari posisi tidur terlentang karena hal ini akan membuat lidah serta langit-langit mulut akan bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan suara dengkuran. Bagi anda yang muslim sebaiknya mengikuti pola tidur dari Rasullah SAW, dimana tidur dengan miring ke kanan sehingga mengurangi dengkuran.

3. Mandi dengan air hangat
Ngorok bisa juga disebabkan oleh pengaruh hidung tersumbat baik akibat cuaca dingin atau terserang flu. Jika demikian maka sebaiknya anda mandi air hangat terlebih dahulu sebelum tidur sambil membersihkan hidung yang tersumbat.

4. Hindari minuman beralkohol
Alkohol serta obat penenang akan membuat kinerja dari otot bagian belakang tenggorokan menjadi tidak optimal sehingga menyebabkan terjadinya ngorok pada saat tidur.

5. Cukup Tidur
Berdasarkan informasi, tidur yang baik itu adalah 8 jam sehari namun kadangkala tidur ideal ini tidak dapat terwujud karena kesibukan sehari - hari. Kagiatan ini juga dapat memicu munculnya dengkuran saat tidur. Mengapa hal ini dapat terjadi?pada saat tubuh kelelahan maka otot tubuh tidak akan bekerja secara maksimal sehingga akan menyebabkan munculnya dengkuran. Sebisa mungkin anda harus cukup tidur untuk menghindari ini.

6. Banyak Minum
Air merupakan kebutuhan primer dari tubuh karena setiap tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Jika kekurangan air sedikit saja akan menyebabkan masalah pada tubuh. Salah satunya adalah munculnya dengkuran yang diakibatkan sekresi pada hidung menjadi kental. Sehingga mengatasi ini, anda disarankan untuk banyak minum. Jika anda wanita maka usahakan minum 11 gelas sehari dan jika anda pria maka wajib minum 16 gelas sehari.

Demikian beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah mendengkur saat tidur dengan tanpa efek samping. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin terus mendapatkan tips kesehatan lainnya maka terus kunjungi http://beamtoday.blogspot.com/. Jangan lupa klik share dan like postingan ini. Terima kasih

Cara mudah mengatasi tidur mendengkur tanpa efek samping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mario dewantara

0 komentar:

Posting Komentar