Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Hamil Tepat dan Efektif

cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil - Salah satu keluhan yang sering dirasakan saat ibu hamil adalah rasa nyeri yang sangat pada bagian punggung. Rasa nyeri ini terjadi akibat mengendurnya otot dan ligamen dalam tubuh karena perubahan hormon. Perubahan berat badan Anda secara drastis juga menjadi salah satu faktor. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masalah nyeri pinggang ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil. Selamat mencoba!

cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil

1. Sikap Tubuh Yang Baik

Saat kandungan semakin membesar, ibu hamil biasanya akan merasakan sulit bergerak karena sulit menjaga keseimbangan antara tubuh bagian depan dan belakang. Memiliki sikap tubuh yang baik dapat membantu Anda meredakan nyeri punggung yang dirasakan. Cobalah untuk berdiri secara tegak dengan mengangkat dagu keatas. Cara ini dapat menjadikan tubuh tetap tegak tidak condong kedepan. Selain itu, pastikan Anda selalu mengistirahatkan salah satu kaki saat berdiri pada waktu yang cukup lama. Usahakan juga agar Anda dapat menyandarkan punggung dengan rileks. Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri Anda.

2. Tidur Dengan Posisi Menyamping

Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil adalah dengan mencoba tidur dengan posisi menyamping. Usahakan agar Anda tidak tidur dengan posisi terlentang yang mengharuskan Anda menggunakan punggung untuk tidur, kemudian cobalah tidur dengan menekuk kedua lutut Anda. Selain itu, usahakan juga meletakkan bantal dibagian bawah perut atau tepat pada lutut Anda. Cara ini dapat meringankan rasa sakit pada punggung Anda.

3. Massage Badan

Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil lain yang dapat dicoba adalah dengan menggosok punggung Anda dengan sesuatu yang hangat atau dengan mengompres menggunakan air dingin. Massage dapat membantu mengendurkan otot punggung dan juga membuatnya rileks. Atau alternatif lain yang dapat dilakukan adalah melakukan pijat massage khusus ibu hamil. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan fisik agar badan Anda tidak terasa lemah. Melakukan kegiatan fisik yang teratur dapat membuat punggung Anda lebih kuat.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Hamil Tepat dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar