Macam-Macam Bahaya Mandi Malam

Bahaya Mandi Malam - Banyak hal yang menjadi kebiasaan buruk namun masih tetap dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satu kebiasaan buruk yang tidak ada manfaatnya namun masih tetap dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mandi pada malam hari. Kebiasaan buruk yang satu ini sepertinya sulit untuk dihindari, mungkin karena alasan kesibukan atau pekerjaan yang menumpuk dan baru selesai malam hari. Sehingga terpaksa untuk membersihkan diri pada malam hari. Bahaya mandi malam memang tidak akan langsung terasa, namun apabila dilakukan terus menerus dampak buruk bisa saja dirasakan.

Bahaya mandi malam

Bahaya mandi malam bagi kesehatan yang paling sering ditemui ialah asam urat. Penyakit yang terjadi karena menumpuknya asam laktat pada bagian-bagian sendi seperti kaki, bahu, dan pangkal paha. Bahaya mandi malam yang satu ini disebabkan oleh penumpukan asam laktat tersebut dipicu dari kondisi suhu pada waktu malam hari yang lebih dingin. Sehingga enzim amylase tidak akan bekerja, dan akibat dari tidak bekerjanya enzim tersebut ialah akan meninggalkan sisa pembakaran lemak pada bagian-bagian sendi. Dan rasa sakit pada sendi tersebut disebut dengan asam urat.

Bahaya mandi malam yang berikutnya ialah dapat terserang penyakit bronchitis. Nama lain dari penyakit paru-paru basah tersebut merupakan dampak buruk yang bisa saja dirasakan. Suhu malam hari yang lebih rendah dari waktu siang atau sore hari dapat memacu paru-paru dalam membuang karbon dioksida tidak sempurna, sehingga dengan semakin banyaknya karbon dioksida pada paru-paru, kondisi lembab akan terjadi dan paru-paru akan dipenuhi oleh air. Dengan kondisi paru-paru yang dipenuhi oleh air maka sistem pernapasan akan terganggu.

Dan bahaya mandi malam yang terakhir ialah dapat mempercepat penuaan dini. Pengaruh dari suhu pada malam hari yang relative dingin, akan menonaktifkan tubuh dalam memproduksi kolagen. Pada dasarnya kolagen adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merilekskan syaraf-syaraf yang ada diseluruh permukaan wajah agar tetap kencang. Dengan tidak diproduksi kolagen akibat faktor suhu dingin, maka wajah akan terlihat lebih tirus dan tua sebelum waktunya. Dengan begitu banyaknya bahaya mandi malam bagi kesehatan, ada baiknya untuk mulai meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Macam-Macam Bahaya Mandi Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar