Mengenal Lebih Dekat Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu - Usus buntu merupakan salah satu organ dalam tubuh yang melekat di usus besar dan terletak di perut sebelah kanan bawah. Usus buntu yang terganggu kesehatannya akan mudah mengalami penyakit usus buntu. Gejala yang sering dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit usus buntu yaitu mual, demam menggigil, hilangnya nafsu makan, ingin muntah, hingga perut terasa sangat melilit. Untuk itu, Anda perlu mengenali berbagai macam penyebab usus buntu supaya dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini. Berikut ini penyebab penyakit usus buntu tersebut.

Penyebab Usus Buntu

1. Cacing Kremi

Cacing kremi (Enterobius vermicularis) pada umumnya terdapat dalam coecum yang seringkali menimbulkan rasa gatal di sekitar anus. Bahkan, kasus yang dialami oleh anak-anak adalah kejang hebat. Bila terjadi secara terus menerus tanpa adanya pengobatan, maka dapat terjadi peradangan pada bagian umbai usus buntu. Untuk itu, Anda perlu mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang berkhasiat untuk membersihkan organ pencernaan sehingga cacing kremi penyebab usus buntu dapat dikontrol ataupun diatasi dengan baik.

2. Pola Makan Buruk

Penyebab usus buntu yang berikutnya adalah pola konsumsi makan yang berlebihan, alias tidak baik. Makanan khas Indonesia yang sebagian besar berasa asin dan pedas merupakan salah satu penyebab terjadinya banyak kasus usus buntu di Indonesia. Selain makanan, minuman yang tidak mengandung nutrisi hanya akan menjadi sampah dan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

3. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab usus buntu yang tidak dapat dipungkiri menjadi penyebab terbesar terjadinya penyakit organ pencernaan ini. Bakteri memang secara alamiah tinggal di organ pencernaan. Namun, jika usus tidak mampu mengolah setiap makanan sisa yang disimpan dalam usus, dapat dipastikan berubah menjadi penyakit dan bakteri yang dapat mengganggu fungsi usus yang sebenarnya. Infeksi bakteri ini pada awalnya memang hanya membuat perut merasa sedikit mual maupun kembung. Namun, bila hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat Anda menderita penyakit usus buntu yang berbahaya.

Mengenal Lebih Dekat Penyebab Usus Buntu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mario Agung Dewantara

0 komentar:

Posting Komentar